New Step by Step Map For belajar

Wiki Article

Pentingnya keterlibatan langsung dalam belajar dikemukakan oleh John Dewey dengan "Understanding by accomplishing"-nya. Belajar sebaiknya dialami melalui perbuatan langsung dan harus dilakukan oleh siswa secara aktif.

Dapatkan hasil belajar dengan melakukan aktivitas. Belajar sambil beraktivitas membuat Anda lebih mudah menghafal pelajaran. Selain itu, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat yang lain. Anda harus berkonsentrasi saat melakukan eksperimen di dalam kelas.

Judd menekankan pentingnya penangkapan prinsip-prinsip pokok yang luas dalam pembelajaran dan kemudian menyusun ketentuan-ketentuan umum (

Apabila murid diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, maka ia lebih termotivasi untuk belajar, dan ia akan belajar dan mengingat lebih baik.

Beberapa perubahan tingkah laku yang tidak termasuk dalam belajar diantaranya karena ada proses pertumbuhan / kematangan, hipnosa, kerusakan fisik, anugerah dan hal gaib.

Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecakapanya bertambah, kebiasaanya bertambah. Jadi perubahan tingkah laku yang terjadi karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar, tidak termasuk perubahan dalam pengertian belajar , karena orang yang bersangkutan tidak menyadari akan perubahan itu.

Cobalah untuk mencari sebuah cara menghubungkan kedua materi tersebut di dalam memori. Misalnya saja mengelompokkan flora yang ada di Indonesia yang berasal dari wilayah Sabang. Kemudian mengelompokkan berbagai macam fauna yang berasal dari wilayah Merauke.

Prinsip ini didasarkan pada asumsi bahwa para siswa dapat memperoleh lebih banyak pengalaman dengan cara keterlibatan secara aktif dan proporsional, dibandingkan dengan apabila mereka hanya melihat materi/konsep.

Misalnya, seorang mahasiswa sedang belajar tentang psikologi pendidikan. Dia menyadari bahwa dia sedang berusaha mempelajari tentang Psikologi Pendidikan. Begitu belajar juga, setelah belajar Psikologi Pendidikan dia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan perilaku, dengan memperoleh sejumlah pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berhubungan dengan Psikologi Pendidikan.

Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

Siapkan hadiah menarik untuk memotivasi diri, misalnya: membeli barang mahal atau bersenang-senang jika Anda berhasil memperoleh peningkatan nilai yang signifikan atau meraih nilai A+.

Dari percobaan ini, menghasilkan konsep bahwa tingkah laku tertentu dapat dibentuk, dipelajari melalui latihan yang direncanakan. Dari eksperimen yang dilakukan Pavlov tersebut menghasilkan hukum-hukum belajar, diantaranya :

Dalam proses menumbuhkan sikap psychological, perilaku, serta pribadi anak didik, seorang guru harus melakukan pendekatan yang bijak serta hati-hati. Expert harus dapat menjadi contoh bagi anak didik dan memiliki kecakapan dalam memberikan motivasi serta mengarahkan berpikir.

Apa yang dimaksud dengan belajar? Belajar merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, juga sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Report this wiki page